Video

ads header

Breaking News

Babinsa Karangbenda Panen Padi Bareng Petani

Babinsa Karangbenda Panen Padi Bareng Petani

PELITA24.COM | Cilacap - Babinsa Desa Karangbenda, Koramil 08/Adipala, Kodim 0703/Cilacap Sertu Sugiarto melaksanakan pendampingan panen bersama Kelompok Tani (Poktan) Sriwidadi di areal sawah milik Samijan, warga Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Rabu (13/3). 

Pagi hari yang sangat cerah, mengawali langkah kaki Sertu Sugiarto saat pandangan matanya berbinar melihat padi yang telah menguning. Sesaat suara lelaki paruh baya terdengar menyapanya. Sebut saja Samijan salah satu warga binaan yang cukup akrab baginya.

Musim panen telah tiba, kini ia beserta Kelompok Tani Sriwidadi akan memanen padi varietas Inpari 36 diareal sawah seluas 2 Hektar yang sudah lama ditunggunya. Tampak babinsa Karangbenda turut bersuka ria memanen padi bersama para petani.

Sertu Sugiarto mengatakan pendampingan upsus (upaya khusus) swasembada pangan dilakukan secara intensif oleh TNI kepada petani, baik sebelum, selama dan sesudah masa tanam. Termasuk didalamnya upsus sergab saat masa panen. 

Hal ini dilakukan untuk mendukung program swasembada pangan nasional yang digalakan oleh pemerintah. " Kami  selalu aktif dalam pendampingan bersama PPL Kecamatan Adipala dan Gapoktan untuk bekerjasama meningkatkan produktifitas padi para petani", Ucap Sertu Sugiarto.

"Hari ini panen raya dilaksanakan bersama Poktan Sriwidadi Desa Karangbenda, selain itu juga kami melakukan pendampingan panen Poktan Tani Makmir Desa Bunton Kecamatan Adipala, dengan varietas sama Inpari 36. Rata-Rata dalam 1 Hektar mencapai provitas sebesar 6 sampai 7 Ton", jelas Sertu Sugiarto.

Samijan salah satu pemilik sawah yang juga anggota Kelompok tani Sriwidadi sangat mengapresiasi kinerja babinsa yang selalu mendampingi petani tanpa mengenal lelah."Kami mengakui semenjak ada pendampingan upsus oleh TNI, produktifitas tanaman padi kami meningkat, karena babinsa selalu hadir dan memberi solusi kepada kami", ungkapnya. P.008_Sutaryo