Video

ads header

Breaking News

Babinsa Koramil 15 Karangpucung Terus Dampingi Panen Padi Petani di Wilayahnya

Babinsa Koramil 15 Karangpucung Terus Dampingi Panen Padi Petani di Wilayahnya

PELITA24.COM | Cilacap - Wujudkan program Swasembada Pangan Nasional.  Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap melalui para Babinsanya, terus melaksanakan pendampingan  Upaya Khusus (Upsus) padi, Jagung dan Kedelai (PAJALE) di wilayah binaannya 

Hal itu yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Karangpucung, Sertu Moch. Ismail dan Serda Harih Suwargi saat melaksanakan pendampingan anggota Kelompok Tani "Mega Tani" yang tengah melakukan panen padi jenis bibit varietas Cibagendit dilahan seluas 1 Ha, yang berlokasi di Dusun Purbayasa Desa Sindangbarang, Kecamatan Karangpucung, Jum'at (22/03).

Dalam proses panen padi tersebut, Babinsa bersama PPL Kecamatan Karangpucung dan para petani tampak semangat saat memotong tanaman padi. Walaupun berjibaku dengan lumpur dan gatal-gatal di badan, namun tidak menjadi penghalang bagi mereka dalam memanen hasil padinya. "Sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini”. ucap Sertu Moch. Ismail.

Sementara itu, Ketua Poktan Mega Tani, Mat Solihin  mengutarakan, masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa dan PPL yang terjun langsung membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

“Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa, hasil panen tahun kali ini cukup bagus yaitu mencapai 7,9 ton per hektar sehingga harapannya hasil ini mampu meningkatkan kesejahteraan para petani di wilayah desanya," tutur Mat Solihin.

Dirinya berharap, pendampingan tersebut bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional, agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.

Ditempat terpisah, Danramil 15/Karangpucung, Kapten Inf Yusuf Subagyo membenarkan dengan apa yang dilakukan Babinsanya. Bahkan hal itu menjadi salah satu penekanannya dalam rangka menyukseskan program swasembada pangan nasional. 

" Memang benar, Babinsa kita selalu terjun ke lapangan dalam membantu para petani di desa binaannya serta agar selalu berkoordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar, terkait dengan progam pertanian," terangnya.  P.003_Urip