Video

ads header

Breaking News

Harapkan Berperilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Babinsa Srikandang Hadiri Pencanangan Gertak PSN dan GERMAS

Harapkan Berperilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Babinsa Srikandang Hadiri Pencanangan Gertak PSN dan GERMAS

PELITA24.COM | Jepara - Peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga perlu partisipasi nyata dari warga masyarakat. Sehingga diperlukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), agar masyarakat secara sadar menggiatkan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Untuk itu, Babinsa Desa Srikandang Koramil 07/Bangsri Kodim 0719/Jepara Serda Haryono  menghadiri Pencanangan Gertak PSN dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang bertema “Yuk Nglakoni Greget (Gerakan Ngresiki uget-uget) oleh Puskesmas Bangsri II di desa Srikandang Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, Jumat (22/03/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta mendaur ulang atau memanfaatkan barang barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya (Breading Place) jentik nyamuk Aedes Aegpty sp atau yang biasa kita kenal sebagai nyamuk demam berdarah.

Sebagai pembuka, Kepala Puskesmas Bangsri II dr Murtono ditemani oleh Pjs Kepala desa Srikandang Angga Arista, Babinsa Srikandang Serda Haryono, Bidan desa ibu Ida turut berbaur bersama masyarakat melakukan senam bersama. 

Setelah melakukan senam bersama, acara dilanjutkan dengan pembersihan di lingkungan sekitar Balai desa dan sekitarnya serta pengecekan bak kamar mandi di rumah-rumah warga.

Kepala Puskesmas Bangsri II dr Murtono dalam kesempatan tersebut, mengingatkan untuk selalu menjaga pola makan sehat dan kebersihan diri demi terciptanya hidup sehat. "Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat jangan sembarangan makan, tidur yang cukup, makan-makanan sehat, sebanyak mungkin makan sayur dan buah-buahan. Kalau mau hidup sehat maka pola hidupnya juga harus sehat, Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga kesehatan diri kita" terangnya.

Di tambahkannya, bahwa Pemberantasan Sarang nyamuk (PSN) perlu dilakukan untuk mencegah munculnya nyamuk penyebab demam berdarah. PSN perlu dilakukan terlebih pada musim hujan ini, potensi timbul berbagai penyakit termasuk demam berdarah cukup tinggi.

PSN dapat dilakukan dengan memantau jentik nyamuk di rumah-rumah. Setelah itu, jika ditemukan adanya jentik-jentik nyamuk, langkah selanjutnya adalah melakukan pemberantasan sehingga tak berkembang menjadi nyamuk. Dengan begitu, bisa meminimalisir terjangkitnya penyakit demam berdarah.”, pungkasnya.  P.24-007_Afid