Video

ads header

Breaking News

Obati Keresahan Petani, Babinsa Turun Langsung Membantu Petani Memanen Hasil Padinya

Obati Keresahan Petani, Babinsa Turun Langsung Membantu Petani Memanen Hasil Padinya

PELITA24.COM | Cilacap -  Curah hujan yang cukup tinggi membuat resah para petani pasalnya tanaman padi yang sedang mulai menguning kini kondisinya roboh dan terendam air. Hal ini memaksa para petani untuk segera memanen hasil padinya sebelum waktunya. Ini terjadi di wilayah Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. 

Mengobati keresahan warganya, Babinsa Sidanegara Serka Rihayat Eko dan Serda Risam yang merupakan anggota Koramil 01/Cilacap Kodim 0703Cilacap berinisiatif untuk terjun ke sawah membantu para petani dalam memanen hasil padinya. "Saat ini kita turun langsung membantu petani untuk memanen hasil padinya, " tutur Serka Rihayat Eko saat berada dilokasi persawahan di Jalan Rinjani Kelurahan Sidanerara, Senin (25/03).

Menurut Serka Rihayat Eko, tanaman padi yang sedang menua ini harus segera di panen di karenakan butiran padi yang terendam air kini mulai tumbuh akar sehingga apabila tidak segera dipetik akan mengancam gagal panen petani di wilayah ini. Kondisi seperti ini sering di jumpainya pada lokasi sawah yang berbeda yang ada di Kelurahan Sidanegara. 

" Hasil panen padi periode ini di Kelurahan Sidanegara menurun dratis dimana per hektarnya diperkirakan hanya sekitar 1,5 - 2,5 ton. Hal ini dikarenakan banyak tanaman padi yang rusak karena roboh dan terendam air," Jelasnya. 

Kurang maksimalnya hasil panen ini, Serka Rihayat berharap agar para petani khususnya di wilayah Kelurahan Sidanegara agar segera mempercepat penanaman padi di wilayahnya mengingat cuaca penghujan masih turun sehingga harapannya dapat memenuhi kebutuhan air untuk kebutuhan lahan persawahan mereka. P.003_Urip