Video

ads header

Breaking News

Sasaran Non Fisik TMMD Mulai Diberikan Kepada Warga Desa Dayeuhluhur


PELITA24.COM | Cilacap - Sasaran Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Kodim 0703/Cilacap tidak hanya meliputi pembangunan sasaran fisik saja namun ada beberapa sasaran non fisik lainnya yang harus dicapai Satgas TMMD di Desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur.

Menggandeng Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, Satgas TMMD memberikan pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan untuk pengembangan pangan sebagai salah satu sasaran non fisik kepada warga masyarakat desa setempat di Balai Desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur, Selasa (12/03).

Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan khususnya di daerah pedesaan dengan memproduksi kebutuhan pangan yang nantinya akan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Selain itu, kegiatan juga diharapkan dapat mengatasi gejolak harga pangan khususnya berbagai tanaman holtikultura dengan gerakan menanamnya di masing-masing pekarangan rumah. 

Dinas Pangan dan Perkebunan  melalui Agus Priharso, S.Hut, MP menyampaikan bahwasanya banyak lahan pekarangan khususnya di daerah pedesaan yang masih banyak dibiarkan begitu saja padahal lahan pekarangan tersebut memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. 

" Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarganya," terang Agus

Dirinya berharap melalui kegiatan  PKK yang ada di desa Dayeuhluhur, pemanfaatan tanah/lahan pekarangan ini kembali dapat digalakan sehingga pelatihan yang diberikan ini dapat terus di optimalisasikan bagi kepentingan warga dalam rangka memenuhi kebutuhan sehingga mampu mewujudkan kemandirian pangan di tingkat rumah tangga. P.008_Sutaryo