Video

ads header

Breaking News

Tanam Mangrove Gandeng Sejumlah Komunitas

Tanam Mangrove Gandeng Sejumlah Komunitas

PELITA24.COM | Pati - Gandeng Komunitas  Pecinta Alam Sedulur Jelajah Pati (SEJATI) Kodim 0718/Pati melakukan penanaman mangrove sepanjang pantai Desa Margomulyo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, Senin (25/3/2019). 

Penanaman mangrove  dengan menggandeng pemerintah Desa Margomulyo Tayu, Komunitas Pecinta Alam Sedulur Jelajah Pati(Sejati), masyarakat Desa Margomulyo yang dipimpin langsung  Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S. Sos.

“Kegiatan ini kita laksanakan  sebagai bagian dari program penghijauan  pesisir pantai. Tujuannya  mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ungkap Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S. Sos di sela-sela kegiatan penanaman mangrove.

Ada 1500  batang mangrove yang sudah ditanam. Program ini   tidak hanya tahun  2019 ini saja, tetapi  pada tahun-tahun sebelumnya juga dilaksanakan di beberapa daerah  di sepanjang pantai di wilayah Pati.

“Kita sudah pernah menanam pada tahun sebelumnya kurang lebih sudah 5 kali, hanya saja   ada yang tidak berhasil, namun  kita akan pantau terus agar perkembangan dan pertumbuhannya  bisa lebih baik,” paparnya.

Dandim  mengisahkan  penting dan manfaat penanaman mangrove  untuk mencegah dan mengantisipasi bencana alam yang terjadi seperti di beberapa daerah. Penanaman mangrove ini menjadi suatu hal yang kita harapkan, karena punya manfaat  cukup besar, minimal mencegah terjadinya bencana alam dan abrasi.

Dandim berharap agar masyarakat  sekitar pantai  sama-sama menjaga tanaman ini (mangrove, red) agar  berkembang dan tumbuh dengan baik agar  manfaatnya bisa dirasakan bersama-sama.  Pendim0718