Video

ads header

Breaking News

Wakili Danramil, Serka Kardomo Hadiri Penyuluhan KB Kecamatan Batealit

Wakili Danramil, Serka Kardomo Hadiri Penyuluhan KB Kecamatan Batealit

PELITA24.COM | Jepara - Progam KB (Keluarga Berencana) merupakan suatu usaha pemerintah untuk mengatur jumlah dan jarak antara kehamilan anak, guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Untuk itu, bertempat di Kantor Penyuluhan Pelayanan KB kecamatan Bateallit Jepara, di laksanakan penyuluhan KB, yang di hadiri langsung oleh Camat Batealit Drs Bambang Lelono. Jumat (22/03/2019).

Penyuluhan tersebut juga di hadiri oleh Danramil 03/Batealit yang di wakili oleh Serka Kardomo, Kapolsek Batealit yang di wakili oleh Ipda Budiyanto, Kepala KUA Batealit di wakili oleh bapak Jalal, bidan Puskesmas Batealit ibu Iswati dan Kader KB desa se-kecamatan Batealit.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Batealit Drs Bambang Lelono menyampaikan bahwa Metode KB Jangka Panjang (MKJP) untuk warga belum maksimal, untuk itu di perlukan sinergitas dari beberapa pihak untuk mengatasi pertumbuhan penduduk di wilayah Bateallit.

Camat juga menjelaskan bahwa menghadapi Pileg dan Pilpres April mendatang, gunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani masing-masing, dengan tetap emnjaga persatuan dan kesatuan. “Tetap jaga persaudaraan walau beda pilihan”, ucapnya.

Sementara itu, Iswati mewakili Kepala Puskesmas Batealit menuturkan bahwa MKJP merupakan alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan, serta menghentikan kesuburan, yang digunakan dengan jangka panjang, yang meliputi IUD (alat kontrasepsi dalam rahim), implan dan kontrasepsi mantap.

Iswati menambahkan bahwa pelayanan KB dan KR ini merupakan upaya pemerintah dalam memberikan kemudahan pelayanan yang berkualitas, khususnya di era JKN. "Jadi di era JKN ini, tidak ada paksaan dalam pelayanan KB. Semua masyarakat harus mendapatkan informasi KB, mulai dari manfaatnya dan keuntungannya. Masyarakat berhak tahu jenis alat kontrasepsi, baik itu KB IUD, Implant, suntik, pil, kondom, maupun pelayanan metode operasional wanita dan pria," jelas Iswati.

Di akhir sambutannya, Iswati menyampaikan bahwa untuk pelayanan KB implan dan azudi di Puskesmas Bateallit setiap hari Rabu, dan untuk suntik bisa setiap hari, pungkasnya.   P.24-007_Afid