Video

ads header

Breaking News

Dandim Jepara Hadiri Prosesi Kirab Hari Jadi Jepara Ke-470

Dandim Jepara Hadiri Prosesi Kirab Hari Jadi Jepara Ke-470

PELITA24.COM | Jepara - Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat ST bersama jajaran Forkopimda Jepara menghadiri Upacara Ritual, Prosesi Kirab dan Buka Luwur Peringatan Hari Jadi Jepara Ke-470 Tahun 2019, Selasa kemarin (09/04).

Acara yang di mulai dengan Kirab Luwur makam Ratu Kalinyamatan hingga ke Makam Mantingan ini, bertema "Dengan Semangat Hari Jadi Ke 470 Jepara, Kita Warisi Semangat Nasionalisme Ratu Kalinyamat Demi Mewujudkan Pemilu Yang Bermartabat”.

Kegiatan Kirab hari jadi Jepara, seperti tahun-tahun sebelumnya di awali dengan penyerahan santunan kepada 50 anak yatim piatu di pendopo Kabupaten Jepara, yang di lanjutkan dengan pertunjukan drama tari Laskar Kalinyamat.



Dalam kesempatan itu, Bupati Jepara menunjukan Luwur (penutup makam) yang akan di gunakan untuk mengganti luwur yang lama di makam ratu Kalinyamat Mantingan. Di iringi penari, Bupati Jepara bersama jajaran Forkopinda berjalan kaki hingga perempatan Tugu Kartini, dan menggunakan kendaraan menuju Masjid Mantingan.

Sebelum penyerahan luwur, Bupati Jepara menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk bhakti kita dan penghormatan kita kepada Ratu Kalinyamat sebagaimana jasa beliau kepada kabuapten Jepara. “Luwur ini akan diserahkan dan menggantikan luwur yang baru, untuk kemakmuran kita dan kabupaten Jepara”, ucapnya.

Setelah sholat Ashar berjamaah, acara berlanjut hingga prosesi buka luwur Ratu Kalinyamat di dalam komplek makam.  P.24-007_Afid