Video

ads header

Breaking News

Sertu Supriyanto : Pentingnya Menjaga Sebuah Warisan Leluhur

Sertu Supriyanto : Pentingnya Menjaga Sebuah Warisan Leluhur

PELITA24.COM | Cilacap - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jetis Koramil 05/Nusawungu Sertu Supriyanto menghadiri Gelar Budaya Merdi Bumi dan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan Ki Dalang Gino dari Pagubugan bertempat di rumah Kadus Saliman di RT 01/04 Grumbul Sitara Wetan Desa Jetis Kecamatan Nusawungu, Senin (08/04).

Kegiatan Budaya Merdi Bumi yang diawali dengan kirab warga masyarakat dari dua dusun yaitu Dusun Sitara Wetan dan Dusun Sitara Kulon, menyusuri jalan-jalan desa dengan membawa gunungan-gunungan yang berisi hasil bumi, mulai dari sayur-sayuran hingga padi.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Camat Nusawungu Agus Firmanudin, S.Sos., M.Si., Pjs Kades Jetis H.Tasripin, S.Sos., PLKB Kecamatan Bambang, Bhabinkamtibmas Jetis Bripka Suwaryo, Ketua Desa Wisata Karangbanar Desa Jetis H. Muharno, S.E., Ketua Nelayan Desa Jetis Marimun, Para Kepala Dusun se-Desa Jetis. Poktan Sumberjaya, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pengunjung lebih kurang 1.300 orang.

Dalam sambutannya Ketua Desa Wisata Karangbanar H. Muharno mengatakan, kegiatan ritual tahunan Merdi Bumi merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang cukup melimpah. Ungkapan rasa syukur tersebut, dituangkan dalam sebuah tasyakuran warga masyarakat, mulai dari tingkat RT, RW hingga Kelompok Tani Sumberjaya.

" Merdi Bumi tahun ini semoga bisa mempererat tali persaudaraan dan mencerminkan kebersamaan antar warga desa jetis itu sendiri dan di jadikan momen untuk acara silaturohim antara warga dengan harapan bisa melestarikan sebuah tradisi budaya lokal yang makin terpinggirkan oleh budaya-budaya modern dari abad ini," papar H. Muharno

Di sela kegiatan tersebut, Sertu Supriyanto membenarkan apa yang disampaikan Ketua Desa Wisata Karangbanar H. Muharno. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting sebagai warisan leluhur yang harus dikenalkan pada generasi muda sekarang dan tidak boleh punah ataupun tergeser dengan budaya lain dari luar.

"Kegiatan Gelar Budaya Merdi Bumi mengajarkan kepada anak-anak sekarang tentang pentingnya menjaga sebuah warisan leluhur dari para pendahulunya yaitu sebuah tradisi ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta akan anugerah Nya yang tak terhingga kepada semua masyarkat Desa Jetis," ujar Sertu Supriyanto.    P.003_Urip