Video

ads header

Breaking News

Babinsa Bersama Warga Desa Bantarsari, Gotong Royong Bedah Rumah Hadi Suyitno


PELITA24.COM | Cilacap Koramil 01/Cilacap Kapten Kav Nur Sohib Ansori  bekali materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 230 Siswa-siswi SMA N 3 Cilacap di Lapangan Basket SMA N 3 Jl. Kalimantan Kelurahan Gunungsimping dan 250 Siswa-siswi SMK Dr. Sutomo Cilacap di Aula Jl. Sutomo Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah, Senin (09/09).

Pembekalan Wawasan Kebangsaan  ini di awali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan di tutup dengan Do'a dan di akhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri dan tambahan pemberian alat tulis dan buku tulis dari Danramil 01/Cilacap dengan tujuan untuk menambah motivasi semangat belajar para siswa siswi.

Danramil 01/Cilacap Kapten Kav Nur Sohib Ansori selaku pembicara menyampaikan banyak terimakasih kepada Kepala sekolah SMA N 3 Cilacap Dr. M. Unggul Wibowo, M.pd dan Kepala Sekolah SMK Dr. Sutomo Drs.Eko Widodo, MM yang sudah menerima TNI untuk mengisi atau memberi pembekalan materi wawasan kebangsaan dalam rangka HUT TNI ke 74 dan HUT Kodam IV/Diponegoro ke 68 Tahun 2019.

Menurut Danramil, pemberian materi wawasan kebangsaan kepada Siswa-siswi SMA N 3 Cilacap dan SMK Dr. Sutomo Cilacap ini bertujuan untuk meningkatkan Persatuan dan Kesatuan seluruh komponen Bangsa dalam menegakkan kedaulatan dan mempertahankan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

" Sasarannya, agar para generasi muda mencintai Bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia serta terpeliharanya semangat kebangsaan guna membentuk rasa kesetiakawanan sosial, rela berkorban, jiwa patriot, pantang menyerah sehingga mampu menangkal setiap ancaman dari dalam maupun luar," ujarnya. 

Selain pembekalan Wawasan Kebangsaan, Danramil juga menyampaikan lima unsur Bela Negara kepada para siswa siswi yaitu Kecintaan kita terhadap tanah air, Kesadaran dalam berbangsa dan bernegara Indonesia, Yakin akan kesaktian Pancasila, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara serta Memiliki Kemampuan awal Bela Negara.

Pada kesempatan itu, Danramil juga mengingatkan penggunaan dan fungsi HP agar berhati hati dan tidak terpengaruh dengan hal hal yang negatif, berita bohong/Hoaxs dan tidak kalah pentingnyabyaitu menjauhi Narkoba yang akan merusak masa depan, menjauhi perilaku menyimpang baik dari sendiri maupun bangsa.

" Jadikan hidup untuk bermanfaat baik untuk dirinya sendiri, keluarga, orang lain terlebih untuk bangsa. Songsong kehidupan yang cerah, dengan pemahaman Wawasan Kebangsaan, karena melalui materi ini diharap siswa siswi bisa menjadi contoh, bermanfaat dan menjadi suritauladan sebagai kaum muda yang tangguh dan mempunyai nilai, kepribadian, karakter dengan ciri Kebangsaan dan jiwa patriotisme, karena pada hakekatnya, masa depan bangsa ini ada dipundak kalian sebagai calon pemimpin bangsa," tutup Danramil. P24.003_Urip